Selasa, 21 Juni 2016

Manfaat Buah Kawista bagi kesehatan

Manfaat Buah Kawista bagi kesehatan

Manfaat Buah Kawista bagi kesehatan, Banyak orang yang tidak mengetahui mengenai buah kawista. Kawista memiliki nama latin Limonia Acidissima. Buah ini merupakan kerabat dekat dari buah maja dan masih termasuk dalam suku jeruk-jerukan (Rutaceae). Tanaman ini terbilang langka di Indonesia. Masih belum banyak orang yang membudidayakan tanaman ini, padahal olahan dari tanaman ini bisa dijadikan komoditas ekspor. Kita juga banyak memperoleh manfaat buah kawista ini jika kita mengkonsumsinya.

Kawista merupakan tanaman yang relatif tahan terhadap kondisi buruk (kering atau tanah salin), serta tahan terhadap penyakit. Tanaman ini dapat digunakan sebagai batang bawah bagi tanaman jeruk dengan cara teknik sambung pucuk. Namun teknik tersebut dapat mempengaruhi rasa buah jeruk yang dihasilkan. Buah jeruk semacam itu biasa dikenal sebagi kajer ( kawista dan jeruk). Jeruk kajer ini bisa kita temukan di daerah Galis Madura.

Buah ini memiliki aroma yang khas dan menusuk hidung. Ukuran buahnya sebesar buah apel. Kulit buahnya berkerut-kerut dengan warna cokelat keputihan. Jika dibelah daging buahnya berwarna cokelat kehitaman, dan apabila sudah benar-benar matang daging buahnya bisa berwarna hitam kelam. Buah ini juga memiliki banyak biji kecil-kecil, berserabut serat dagingnya dengan rasa asam yang segar.

Jika sudah masak di pohon buah ini akan menebarkan aroma yang sangat harum, kemudian jatuh dengan sendirinya. Meskipun jatuh dari ketinggian tidak akan merusak buahnya karena kulit buah kawis sangat keras seperti layaknya batok kelapa.

Dari mana tanaman ini berasal?


Kawista memang identik dengan Kabupaten Rembang, meskipun tanaman ini bukan asli berasal dari Kabupaten Rembang. Tanaman ini berasal dari India selatan hingga ke Asia Tenggara dan Jawa.

Dimanakah tanaman ini dapat tumbuh?


Pohon kawista tumbuh di daerah tropis dengan kondisi tanah yang kering. Tumbuhan penghasil buah ini merupakan tanaman dataran rendah yang mampu tumbuh hingga pada ketinggian 400 mdpl. Kawista tumbuh alami di daerah Sri Lanka, India, Myanmar, dan Indocina, kemudian menyebar hingga ke Malaysia dan Indonesia. Pohon kawista juga sudah diintrodusir ke Amerika. Di Indonesia, kawista tumbuh alami di daerah pesisir utara pulau Jawa. Buah ini bisa diklaim sebagai buah asli Rembang, Jawa Tengah. Entah benar atau tidak, namun sangat wajar apabila buah ini bisa menyebar hingga ke daerah sekitarnya di pesisir utara Jawa seperti Pati dan Tuban.

Apa saja kandungan nutrisinya?


Menurut Sentra Informasi Iptek, daging buah kawista mengandung: air, protein, lemak, karbohidrat, dan abu. Bijinya yang dapat dimakan mengandung: air, protein, lemak, karbohidrat, dan abu. Daging buah yang kering mengandung asam sitrat dan sejumlah kecil asam-asam kalium, kalsium, dan besi.

Manfaat Buah Kawista bagi kesehatan


1. Sebagai olahan makanan dan minuman


Kawista ini bisa dimakan langsung dalam keadaan segar maupun dibuat makanan dan minuman. Cara memakan buah ini cukup unik. Kulit buahnya kita pecahkan terlebih dahulu, kemudian kita kerok daging buahnya. Setelah itu tambahkan gula pasir dan sedikit air. Akan lebih enak lagi jika kita menambahkan es batu, pasti rasanya akan semakin segar. Selain itu, kawista juga dapat dibuat dodol maupun sirup. Sirup kawista memiliki rasa yang unik dan khas. Rasanya seperti cola. Masyarakat internasional biasa menyebutnya dengan sebutan “cola van java”. Di Kabupaten Rembang mengembangkan sirup kawista. Sehingga Kabupaten Rembang bisa disebut sebagai sentra produsen sirup kawista.

2. Untuk menurunkan demam


Buah ini banyak mengandung manfaat, salah satunya adalah untuk menurunkan demam. Hal ini telah dibuktikan oleh masyarakat Asia yang mengkonsumsi buah kawista ini saat mereka sedang mangalami demam.

3. Mengembalikan stamina


Setelah melakukan banyak aktivitas, misalnya saja berolahraga pasti kita akan banyak mengeluarkan keringat dan tenaga kita juga akan terkuras. Dengan mengkonsumsi buah yang satu ini akan dapat mengembalikan stamina tubuh yang hilang setelah melakukan banyak aktivitas.

4. Mengobati haid berlebihan


Masyarakat Asia percaya bahwa kawista dapat mengatasi haid yang berlebihan. Meskipun harus dilakukan penelitian lebih lanjut tentang buah ini, tetapi faktanya banyak wanita yang mengalami haid berlebih bisa sembuh dengan mengkonsumsi buah ganista.

Demikian informasi tentang Manfaat Buah Kawista bagi kesehatan, semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar