Selasa, 08 Maret 2016

Berbahayakah penyakit lupus?


Berbahayakah penyakit lupus?

Berbahayakah penyakit lupus? Penyakit Lupus atau dalam bahasa kedokteran disebut lupus eritematosuk sistemik merupakan salah satu penyakit yang menyerang sel-sel kekebalan tubuh (imunitas), menyerang sel-sel, jaringan dan organ sehat pada manusia secara terus menerus sehingga mengakibatkan peradangan. Penyakit autoimun ini bisa muncul jika tubuh terkena virus atau bakteri tertentu, bahkan dokter sendiri tak mengetahui penyebabnya, seperti kombinasi faktor lingkungan dan genetik.

Tanda-tanda dan gejala awal sulit untuk dikenali karena mirip dengan penyakit lainnya seperti: sakit sendi, kulit, ginjal, otak, jantung, paru-paru dan sel darah, tetapi ada gejala ruam pada kedua pipi wajah mirip sayap kupu-kupu yang merupakan ciri khas dari penyakit ini. Gejala penyakit lupus pada tahap berikut diantaranya, pasien mengalami kejang, sakit kepala, bahkan pasien bisa mengalami stroke dan pasien ibu hamil juga akan mengalami keguguran.

Ada 5 Jenis penyakit Lupus:


  1. Drug-induced lupus

Jenis ini biasanya terjadi karena pengaruh obat jangka panjang dan jarang muncul. Kaum laki-laki cenderung mengalami lupus ini daripada wanita.
  1. Neonatal lupus


Bisa terjadi pada ibu hamil yang kemudian menurunkan antibodi lupus kepada anak-anaknya ketika lahir. Bayi yang terserang lupus biasanya menimbulkan gejala anemia dan ruam kulit
  1. Lupus anak-anak

Bisa menyerang anak-anak dan sering disebut lupus anak-anak. Meski memang gejala mirip sekali dengan lupus sistemik, namun kebanyakan yang mengalaminya adalah anak laki-laki dan dapat mempengaruhi kesehatan ginjal.
  1. Cutaneous lupus


Paling mudah dikenali dari gejala kemerahan, tebal, ruam bersisik pada kulit leher, wajah dan kulit kepala. Hal ini bisa berlangsung selama beberapa hari, namun ada juga yang bertahan hingga bertahun-tahun. Setelah lupus hilang, akan meninggalkan bekas pada ruam.
  1. Lupus sistemik


Jenis lupus ini yang paling sering muncul yang dapat mempengaruhi seluruh bagian tubuh. Gejala yang ditimbulkan bisa ringan namun bisa juga berat dan hilang datang begitu saja seperti misalnya demam, nyeri sendi, rambut rontok dan ruam kemerahan saat terkena sinar matahari.

Penyakit Lupus ini dapat ditangkal dengan cara meningkatkan kekebalan tubuh (imunitas) tubuh kita melalui produk herbal alami Amazon Plus, di dalamnya mengandung ACAI BERRY, MANGGIS, ZAITUN ( OLIVE), DELIMA MERAH, TOMAT, BLUEBERRY. Zaitun (Olive) yang kaya akan antioksidan, seperti kita ketahui selama ini berkhasiat dalam mencegah kanker. Karena kaya antioksidan, zaitun juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Kandungan polifenol dalam zaitun terbilang cukup tinggi sehingga mampu melindungi sel-sel otak dari kerusakan, yang berpotensi dalam menjaga fungsi kognitif dan memori otak.


Baca juga:

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar